Rabu, 24 September 2014

Ceritanya: "Review: #SUN4DPK Halte Rindah"

Hoi..Hoi..Hoi...
Apa kabar semuanya? Semoga baik-baik saja yaa dan yang lagi kurang sehat semoga jadi lebih sehat setelah baca tulisan ini. Yaa walaupun gak ada hubungannya, tapi bodo amat. Suka-suka gue, gue yang nulis. Lu pada kan cuma ngebaca. Kalo mau komen ada kolomnya ntar di bawah.

Yaa anggap aja yang diatas itu kata-kata sambutan dari gue. Walau kayaknya lebih pantes buat di sambit. Jadi gini.. kemaren itu kan malem minggu. Nah seperti biasa karena gue jomblo yang sering galau dan kesepian tiap malem minggu. Karena belom bisa move on dari yang dulunya pacar gue tapi sekarang udah ngebuat gue ngejomblo (lagi).

Gue kasih tau dulu deh sebelumnya, yang diatas itu adalah sebuah tiket acara yang baru aja digelar di Depok. Mau tau lebih lanjut itu acara apaan? Baca aja terus sampe postingan ini khatam. 

Gue ini tinggal di Depok. Kota yang tetanggaan sama Jakarta. Kota yang katanya Cyber City. Walaupun gue bingung darimana sebutan itu muncul. Yaa emang Depok mah gitu. Maklumin aja. Kota Depok itu punya tempat wisata religi yang namanya Masjid Dian Al-Mahri (kalo tulisannya salah maap) atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Kubah Emas, tiap hari pasti ada aja rombongan bus pariwisata yang lewat. Dari rombongan PAUD, Majelis Ta'lim, bahkan anak STM. Di Depok juga ada tempat wisata keluarga yang buka dan rame tiap weekend.  Tempat wisata itu bernama UI (Universitas Indonesia). Iyaa UI, UI di Depok jadi tempat wisata keluarga tiap weekend. Pasti ada aja beberapa keluarga yang ke UI buat olahraga atau cuma nongkrong makan bubur/lontong sayur/nasi uduk atau apapun lah. Pokoknya tiap weekend pasti rame. Apa lagi hari sabtu sama minggu. (Ya iyalah nyed! Namanya juga weekend)

Nah jadi kali ini gue bukannya mau nulis tentang kota Depok. Tapi gue mau nyoba review acara yang baru aja terselenggarakan di Depok. Acaranya adalah Stan Up Nite 4 Depok persembahan dari komunitas @StandupindoDPK. *tepuk tangan* Tagar-nya #SUN4DPK. Acara ini disebut sebagai Teater Stand Up Comedy. Jadi selain ada Stand Up Comedy-nya para pengisi acaranya juga bermain peran. Tema-nya di sebuah kota yang isinya berbagai macam tipe penduduknya dan berlatar belakang di sebuah Halte yang bernama Halte Rindah. Isinya ada gembel, tukang sapu dari Ambon, walikota, tukang ngamen, anak STM, tukang koran, supir taksi, pengedar narkoba, orang kaya konglomerat, atlet, sama mahasiswa yang tua di kampus.

Acara ini udah rame dari sebulan sebelum acaranya mulai. Bayangin aja, tiket pre-sale-nya sold out. Sampe-sampe panitia kudu nambahin bangku dan tiket OTS (On The Spot) buat yang belom kebagian tiket. Geblek emang anak-anak Depok., pecinta stand up comedy-nya gila-gila.

Nih posternya
Jadi malem minggu itu tuh. Orang-orang yang suka stand up comedy pada dateng ke Gedung IX Auditorium FIB (Fakultas Ilmu Budaya) UI (Universitas Indonesia) buat nonton acara spesial ini. Pengisi acaranya ada buaaaannnyaaaakkk.... Bisa diliat di posternya. Tapi mungkin yang kalian kenal cuma beberapa yang udah nongol di tv. Karena isinya tuh 9 komika lokal Depok, 2 guest star, 1 narator dan 2 host yang pasti udah pada tau. Gue bakal jelasin di bawah siapa aja yang ngisi acara keren ini.


Pertama mari kita bahas host acara ini.
(Si host Anak Kembar)
Host acara ini adalah Fico dan Alphi yang keduanya udah terkenal. Mereka adalah 4 besar #SUCI3 yang udah gak diragukan kelucuannya. Kemudian ada juga seorang narator, si Ananta Rizki. Kakak dari Fico yang juga peserta #SUCI3 yang close mic di minggu ke-dua.

1. Apis Nokio
(Si Gembel dari Aceh)
Apis Nokio ini didaulat sebagai opener. Dia berperan sebagai gembel. Gembel dari Aceh. Karena dia imigran dari Aceh, jadi materi dia ada beberapa yang tentang Aceh. Segala yang ada di kota yang dijuluki Serambi Mekkah ini dia sampaikan dengan sangat Kampret! Bikin ngakak! Pokoknya dia keren dah pas jadi opener bikin mood penonton bagus dan menantikan hal apa lagi yang bakal terjadi selanjutnya.

2. Ricky Wattimena
(Si Tukang Sapu dari Ambon)
Ricky Wattimena ini didaulat sebagai penampil kedua. Dia sama seperti si Apis Nokio yang juga imigran. Tapi dia imigran dari Ambon yang jadi tukang sapu. Tukang sapu dari ambon ini juga sukses nge-kill. Penonton dengan materi-materi yang kampret lucunya. Tapi pas acara #SUN4DPK ada satu keahlian dia yang dia gak tunjukin pas tampil. Dia gak beat box. Padahal hampir tiap kali gue nonton dia, pasti dia nyelipin keahlian beat box dia. Tapi walau tanpa beat box Ricky tetep keren, membuat penonton bahagia sampe ngakak.

3. Coki
(Si Walikota)
Coki ini adalah salah satu peserta #SUCI4 yang diselenggarakan Kompas Tv. Dia berperan sebagai walikota kota Rindah. Pas Coki keluar dari back stage dan masuk ke panggung, penonton langsung memberi sambutan. Karena dia emang udah terkenal dan kampret lucunya. Dia juga sempet sedikit ngebahas rumor yang sedang beredar tentang calon walikota Depok yang sekarang menjabat sebagai Menkominfo. Coki juga udah pasti sukses bikin gagal nahan tawa para penonton.

4. Damar Anggoro
(Si Pengamen)
Damar Anggoro adalah penampil selanjutnya setelah pak walikota pergi melanjutkan pekerjaannya. Dia berperan sebagai pengamen pada malam itu. Pengamen yang bukannya bikin pengen ikut nyanyi atau dengerin dia nyanyi. Tapi malah bikin penonton dengerin bacotan dia dan ngakak! Dia sukses nge-kill penonton pas dia bahas bunyi beras impor dari Jepang yang bunyinya "ikkeh..ikkeh..kimochi". Bacotan dia soal beras impor dari Jepang bener-bener parah, dan bikin penonton ngakak sampe berdiri. Bahkan gue ampe pengen jatoh dari kursi gue. Keren emang pengamen yang satu ini.

5. Bangzhai
 (Si Anak STM)
Bangzhai adalah anak STM yang bajunya cingkrang. Tampil sebagai lanjutan dari Damar. Bangzhai tampil dengan maksimal dengan dukungan pakaian putih abu-abu, anduk kecil + sepatu NB. Khas banget anak STM banget dah. Dia juga berhasil bikin ngakak penonton dengan pengalaman grepe-grepe cewek di motor yang absurd dan sulit abis. Pokoknya tahek abis nih anak STM. 

6. Heri Horeh
(Si Tukang Koran)
Heri Horeh tampil setelah Bangzhai si anak STM pergi. Heri tampil sebagai tukang koran. Tukang koran paling kampret yang pernah gue temuin. Heri sukses parah bikin pecah tawa penonton FIB UI. Gila abis nih orang. Gue berasa gak punya otak pas dengerin bacotan dia. Dia bercerita macem-macem, dari penonton lebay, sempak jerapah, sampe biji gentayangan. Pokoknya brengsek abis nih orang!! Keren! Bikin suasana lebih meriah, bikin rahang tambah lebar gara-gara ketawa ngakak abis dan bikin penonton semakin menebak-nebak ke-kampret-an apa lagi yang bakal terjadi selanjutnya.

7. Ari Rante
(Si Supir Taksi)
Ari Rante ini sebenernya komika yang gue gak tau dimana otaknya. Tapi dia bisa jadi supir taksi di acara ##SUN4DPK. Si tukang taksi sialan ini seperti biasa bacot yang gue gak tau dimana logikanya. Bacotan dia pokoknya hal yang gak pernah ada di pikiran kita. Pokoknya materi dia sulit abis. Walau materinya sulit dan gak kepikiran dipikiran kita. Dia tetep sukses melanjutkan ketawa ngakak yang telah dibuat para penampil sebelumnya.

8. Iyam 
(Si Pengedar Narkoba)
Iyam ini mungkin beberapa dari kalian tau juga sebagai salah satu peserta #SUCI3 yang juga ditayangin di Kompas Tv. Iyam berperan sebagai pengedar narkoba. Pengedar yang ganteng (Serius dia ganteng. Temen gue aja ngepens ampe banget) ini menyuruh si Ari Rante (supir taksi) buat nganter barang atau sebagai kurir barang dia.  Dia juga bercerita kalo dia itu kuliah di salah satu Universitas Islam Negeri di Ciputat. Pas dia bilang gitu, tawa penonton pecah. Dia juga bercerita tentang keresahan dia tentang kampusnya yang dianggap sarang teroris. Pengedar ini sukses bikin penonton tawa ngakak dengan bacotan dia.

9. Yudha Keling
(Si Orang Kaya)
Yudha Keling ini pasti kalian udah pada tau. Komika asal Citayem Depok ini udah terkenal sebagai bahan materi komika lain. Dia juga peserta #SUCI4 bareng Coki. Keling pada acara malem itu berperan sebagai orang kaya/konglomerat. Sebenernya sangat kontras dengan kondisi fisik dia. Tapi dia tetep keliatan keren dan sukses bikin ketawa para penonton. Pas dia ngomongin diri dia sendiri adalah hal paling ngakak saat penampilan dia, dan sukses nge-kill penonton yang hadir. Mungkin kuntilanak yang di pohon deket gedung FIB juga ngakak gara-gara dia dan bangga pacarnya bisa bikin manusia ketawa.

10. Uus
(Si Atlet)
Uus si botak jangkung satu ini udah pasti kalian kenal. Dia peserta #SUCI3, terus terkenal karena lucunya pas jadi partner MC Babe di #SUCI4. Uus berperan sebagai atlet yang suka joging. Pas dia masuk dan menggantikan Yudha Keling penonton langsung histeris terutama yang cewek-cewek. Si botak ini sukses parah bikin pecah dan bikin ngakak penonton. Bacotan dia juga sukses bikin penonton gagal nahan tawa. Dia ngomongin berbagai macem hal. Salah satunya dia ngomongin Ambulance, ambulance jamilah (maksudnya Mulan Jamilah). Bacotannya absurd dan plesetannya yang kampret bener-bener bikin rahang pegel hampir mau copot.

11. Awwe
(Si Mahasiswa Tua)
Awwe pas masuk panggung nyamperin Uus di Halte Rindah dia lari-larian. Katanya dia di Serang, padahal dia di Depok. Ternyata maksudnya dia diserang pas lagi tauran. Awwe ini ceritanya mahasiswa tua di kampus. Dia dari Bekasi, lari-lari kabur di kejar musuhnya sampe ke Depok. Sulit emang. Awwe juga pasti udah banyak yang tau dan kenal. Karena dia udah sering nongol di Metro Tv sama Kompas Tv. Awwe malam itu bacot soal keresahan dia, salah satunya pas dia satu pesawat sama Nidji. Penonton ngakak abis. Dia sukses jadi penutup rangkaian komika yang tampil malam itu.

Setelah semua tampil dengan alur yang telah direncanakan. Ternyata masih ada lanjutan dari rangkaian komika yang tampil tadi. Di akhir acara, semuanya naek panggung kembali dan bercerita kalau ternyata si host anak kembar Fico dan Alphi ternyata adalah intel. Mereka berniat menangkap Iyam (Pengedar Narkoba) dengan menangkap si kurir Ari Rante (Supir Taksi). Iyam tertangkap basah saat bertransaksi dengan Yudha Keling dan memanggil sang bos si Wiranto. Setelah itu semuanya berkumpul dan menutup drama teater dengan adegan yang seharusnya lucu. Tapi karena gagal, penonton jadi gak ketawa. Penonton ketawa pas Fico menjelaskan yang seharusnya terjadi.

Akhirnya semua rangkaian keseruan pada acara malam itu berakhir dengan sukses bikin ngakak, sakit perut dan rahang penonton pegel gara-gara acara tersebut. Penonton pun pada berdiri dan memberikan standing ovation untuk acara dan pengisi acara tersebut. Lalu ada pembagian door prize bagi para penonton. Tapi akhirnya hadiah door prize dilempar ke arah penonton lalu yang hoki baka dapet hadiah doorprize tersebut. 
Minusnya acara ini cuma satu, pas pertengahan sound bermasalah. Semoga di acara selanjutnya bisa diperbaiki dan menjadi lebih baik dan keren!
(Penutupan Show)
Acara yang sangat keren dan worth it dengan harga tiket pre-sale Rp. 40.000 dan Rp. 45.000 serta harga tiket OTS Rp. 70.000. Di acara itu juga banyak komika dari komunitas kota lain yang dateng buat nonton acara ini. Setau gue ada Adjis Doa Ibu, Arya Novrianus, Gilang Bhaskara, dll. Semoga akan ada lagi #SUN5DPK yang lebih keren dari #SUN4DPK ini. Terima kasih telah membuat acara yang keren, dan sukses terus buat komunitas @StandUpIndoDPK. Ditunggu segera #SUN5DPK-nya!!

Kalau ada yang salah atau ingin ada masukan atau tambahan silahkan tulis di kolom komentar. See you!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar