Sabtu, 21 September 2013

Permasalahan Peraturan Sekolah



Malam minggu… Malam minggu merupakan malam yang selalu dianggap malam yang horor bagi para jomblo. Termasuk gue. Daripada bingung mau ngapain, mending gue menulis keluh kesah gue terhadap sekolah gue.
Sekolah gue itu sekolah yang gue juga bingung kenapa gue bisa sekolah disitu. Sekolah gue termasuk sekolah yang peraturannya ketat. Seketat sempak baru, kalo diabis dipake pasti ada jeplakan di pinggang. Saking ketatnya peraturan disekolah gue. sekolah gue sampe bikin suatu organisasi sebut saja SPD (Siswa Penegak Disiplin). SPD ini tugasnya memberitahu siswa yang melanggar aturan, mereka bahkan gak segan-segan untuk mencatat nama siswa yang melanggar peraturan untuk dilaporkan ke guru kedisiplinan. Guru kedisiplinan itu ibarat bos mereka. Setelah dilaporkan ke guru kedisplinan biasanya siswa yang melanggar tadi diberikan poin. Poin disini bukan berarti poin yang ada di klasemen liga sepak bola, yang paling banyak poinnya adalah yang menang. Tapi yang paling banyak poinnya itu bakal di pulangkan ke orang tua. Jadi ada beberapa peraturan yang membuat gue dan beberapa siswa merasa keberatan. Diantarnya:

 
 1.  Gak boleh pacaran
Ini maksudnya apa coba. Pasti ada beberapa orang tua kita yang memberi ijin anaknya buat pacaran, tapi sekolah nggak. Alasan gak boleh pacaran ini karena banyaknya siswa siswi yang hamil di usia remaja dan diluar nikah.
Menurut gue ini mah tergantung iman atau kepribadian anak itu sendiri. Itu hak dia, karena dia udah bisa mikir. Mana yang bener mana yang salah. Kalo menurut dia melakukan seks diluar nikah dan saat masih berstatus pelajar bener, biarin aja. Walaupun sebenarnya itu salah. Biar dia sendiri yang nanggu. Toh dia udah mulai dewasa, udah akil baligh, ada orang tua juga yang berperan disitu. Apa anak itu salah pergaulan atau anak itu kurang pengetahuan, atau emang dia mau dibilang gaul dan tergoda oleh rayuan setan.
Jadi menurut gue, kalo peraturan pacaran itu gak boleh itu gak baik. Para siswa jadi pada backstreet. Akhirnya pada gak jujur.
Mengatasi masalah ini gue punya solusi.
Solusi pertama gue, membuat agenda mingguan/bulanan untuk pengajian seluruh warga sekolah. Tempat bisa di masjid/musholla sekolah (kalo ada) kalo gak ada juga bisa di lapangan sekolah. Penceramahnya cukup dari guru atau kalo emang mau modal panggil aja ustad dari luar. Bikin pembicaraan yang ngomongin hukum, sebab akibat pacaran tersebut. Pasti beberapa siswa bakal kena ke hatinya (kalo siswa itu masih punya hati).
Solusi kedua gue, memperbolehkan siswa berpacaran. Karena dengan dibolehin pacaran, siswa pasti gak ada yang melanggar aturan “Dilarang pacaran”. (Ya iyalah lau kira?) Tapi kalo siswa itu pacarannya udah ke arah-arah yang mesum sih gue setuju buat di tindak lanjuti, mau jadi apa tuh anak kalo baru pacaran aja udah mesum. Mending ke mesum Fatahillah nambah wawasan. (Itu museum!!) *salah fokus*. Tapi jangan anggap semua orang pacaran itu suka mesum, masih ada kok anak muda/remaja yang pacaran masih sewajarnya. Kayak Cuma sms’an, telponan, ngajak nonton, malem mingguan (tapi jam 8 harus udah dirumah) tanpa melakukan mesum. Ada lagi yang melakukan pacaran sangat wajar dan jauh dari mesum. Misalnya cuma sms’an sama telponan doang. Iya yang kayak gini sih biasanya LDR. Kasian yah, pacaran cuma telponan sama sms’an udah kayak operator.


2. Gak boleh bawa alat komunikasi (hp)
Nah ini biasanya yang paling sering jadi bahan pembicaraan antara gue dan teman-teman gue. sekolah gue itu melarang siswanya buat membawa hp ke sekolahan, menurut survey yang gue lakukan di grup Facebook Kancut Keblenger, menyatakan bahwa 60% setuju, 40% gak setuju. Mereka yang setuju berpendapat kalo larangan bawa hp itu supaya siswa belajar lebih efektif. Lebih efektif? Menurut gue nggak, malah lebih ribet. Sekarang itu udah jaman globalisasi, jadi menurut gue kalo kita gak tau sesuatu tinggal googling. Gak perlu nanya guru, jadi kerja guru sedikit berkurang. Lagi pula kalo googling pasti siswa bakal baca dan mencoba memahami sendiri apa yang dia gak tau. Kalo masih gak tau dan gak paham, baru deh guru yang turun tangan, menjelaskan supaya siswa itu mengerti apa yang dia tidak mengerti. Ada lagi yang bilang setuju itu dengan berpendapat supaya menyetarakan derajat para siswa. Gue gak sependapat tentang hal ini. Karena menurut gue dengan adanya hp itu kita bisa nyari, dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan serta kita juga bisa berbagi info yang kita tau ke orang yang tidak tau. Jadi saling berbagi pengetahuan yang baru di dapat. Kalo disekolah cuma di suapin dan diberikan segala materi yang metodenya begitu saja, siswa pasti akan bosen. Siswa butuh suatu metode yang lebih efektif. Di sekolah belajar, dirumah juga harus belajar karena adanya PR dan tugas. Waktu disekolah kurang cukup buat belajar? Makanya mari kita maksimalkan dengan saling berbagi informasi dan pengetahuan yang kita punya. Selama hal atau informasi dan pengetahuan itu positif kenapa kita gak berbagi? Ilmu itu ada di diri kita untuk di bagikan, bukan untuk di pendam. Ilmu dibagi bikin kita lebih ingat dan bahkan kita juga bisa dapet ilmu baru. Kalo dipendem pasti bakal lupa dan akhirnya kita gak dapet ilmu baru karena kita pelit sama ilmu yang kita miliki.
Nah sekarang kita beralih ke yang setuju. Mereka yang setuju berpendapat kalau hp itu penting untuk mengabarkan yang penting dan urgent. Dengan hp kita bisa mendapat informasi dan pengetahuan lebih cepat. Lagipula kalo ada apa-apa sama kita, kita jadi lebih mudah dan lebih cepat memberi kabar ke orang tua kita yang ada di rumah. Saat kita mendadak harus mengerjakan tugas kelompok, pelajaran tambahan, dan kita bisa memberikan kabar ke orang tua kita tentang suatu hal yang tak terduga sama kita. Misal: kecelakaan. Gue pernah ngalamin hal ini, saat temen sebangku gue kecelakaan, gue lah yang langsung di sms temen gue yang lain (yang tau kabar kecelakaan itu duluan). Mereka langsung ngabarin ke gue kalo temen gue itu kecelakaan parah dan dibawa ke rumah sakit, namun sayangnya dirumah sakit nyawa teman gue itu gak ketolong lagi. Disini alat komunikasi semacam hp itu sangat penting. Gue langsung mengirimkan kabar duka ini lewat sms ke setiap orang yang mengenal temen gue ini. Dan hasilnya, semua yang dapet sms ini langsung berbagi lagi dan melanjutkan sms gue ke temen yang lainnya. Disini membuktikan kalau komunikasi dan alat komunikasi itu penting. Kalau saat itu gue gak bawa hp, gue gak tau yang terjadi sebenarnya. Dan gue mungkin bakal tau kalo temen gue kecelakaan dan meninggal esok hari.
Komunikasi itu nyawa dari kehidupan. Kalo tanpa komunikasi apa gunanya kita hidup? Apa gunanya hidup ini tanpa komunikasi.


3. Gak boleh bawa kendaraan
Iya hal ini lagi heboh-hebohnya di kalangan pelajar. Walaupun gue bukan pemakai kendaraan pribadi ke sekolah, tapi gue sangat gak setuju dengan peraturan ini. Kendaraan ini kaan bikin siswa lebih cepat nyampe ke sekolah, dan lebih mengirit biaya ongkos ke sekolah. Katanya sih ini efek samping dari kecelakan AQJ putra musisi Ahmad Dhani. dengan adanya larangan ini bisa dipastikan persaingan untuk mendapatkan angkutan umum lebih berat. Banyak siswa yang telat ke sekolah pake kendaraan umum gara-gara angkot itu penuh di jam-jam masuk sekolah, jarang yang lewat, atau yang lebih parah lagi, udah jarang lewat sekalinya lewat penuh. Pasti makin banyak aja siswa yang bakal telat sampe ke sekolah dengan larangan ini. Belom lagi bagi siswa yang tinggalnya jauh dari sekolah dan harus jalan dulu beberapa KM buat naek angkot. Selain bikin susah dan bikin telat, larangan ini pasti bakal bikin ongkos semakin banyak bagi siswa yang naek angkot berkali-kali buat sampe ke sekolahan. Solusi gue, mending larangan ini dicabut. Dan diganti dengan menegakkan kedisplinan para pengendara. Seperti mewajibkan memakai helm. Kalo ada yang melanggar, silahkan di tilang. Karena itu bisa membahayakan dirinya sendiri dan dia telah melanggar peraturan.

Yap, sekian bacotan gue tentang beberapa larangan sekolah yang gue rasa masih bisa di tolerir supaya lebih baik. Gak ada niat buat menyinggung pihak manapun. Gue cuma menuliskan apa yang gue rasakan dan gue pikirkan. Mohon maaf kalo ada kesalahan. Sekian terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar